Apakah Blackberry itu?

Sebuah pertanyaan sederhana, apakah Blackberry itu? apakah Blackberry sama dengan Handphone atau PDA biasa? lalu kenapa saat ini Blackberry begitu terkenal dan mungkin jadi kebanggaan tersendiri bila punya Blackberry? dan bahkan di iklan-iklan operator selular di televisi, Blackberry selalu menghias layar kaca?

Blackberry merupakan perangkat genggam yang (tadinya) dirancang khusus untuk komunikasi email lewat. Blackberry dibuat oleh RIM atau Research in Motion, dan sebuah Blackbbery yang terhubung ke jaringan wireless atau nirkabel memungkinkan pemakainya untuk mengakses email (entah itu cek email, send email, sampai notifikasi bila ada email baru) ataupun melakukan kegiatan lain seperti browsing atau melakukan percakapan (telepon).

Lalu apa perbedaan Blackberry dengan handphone atau PDA biasa? bila handphone dirancang dengan tujuan utamanya sebagai perangkat telepon (melakukan percakapan) dan PDA didesain sebagai asisten digital pribadi, maka Blackberry dirancang khusus untuk email. Dengan menggunakan Blackberry anda bisa mengakses email dengan mudah dan cepat dan tentunya aman (karena ada fitur enkripsi), dan bahkan dengan fitur push email, anda bisa tahu dengan cepat begitu ada email yang anda terima (seperti layaknya anda menerima sms biasa).

Seiring perkembangan zaman, fitur-fitur Blackberry pun semakin lengkap dan bahkan mungkin hampir sama dengan fitur PDA dan telah dilengkapi dengan kemampuan seperti layaknya sebuah handphone. Namun yang pasti ada beberapa fungsi dasar Blackberry yang semestinya jadi pertimbangan anda untuk membeli sebuah Blackberry.
Email
Ini adalah alasan utama keberadaan Blackberry. Blackberry merupakan gadget yang sangat pas bagi yang ingin selalu terhubung dengan yang namanya email, bisa cek dan kirim email dimanapun dan kapanpun anda berada.

Telepon
Yups… seperti layaknya Handphone biasa, anda bisa melakukan percakapan jarak jauh lewat Blackberry, bahkan bahkan dengan adanya VoIP, maka tarif percakapan dengan menggunakan Blackberry pun semakin murah.

Browsing
Seperti layaknya smartphone atau PDA biasa, dengan Blackberry pun anda bisa melakukan browsing dan pergi kemana-mana di dunia maya.

Kamera dan Video Recording
Beberapa model Blackberry saat ini telah dilengkapi dengan kamera megapixel yang memungkinkan anda untuk mengabadikan setiap momen berharga dalam kehidupan sehari-hari dengan mengunakan Blackberry

Jaringan Sosial (Social Networking) dan Instant Messaging
Inilah mungkin yang jadi alasan utama pengguna Blackberry di Indonesia. Apalagi bila dihubungkan dengan kegiatan ber-fesbuk, maka dengan menggunakan Blackberry kegiatan ber-fesbuk anda menjadi semakin mudah dan tentunya lebih menyenangkan. Dengan menggunakan Blackberry, anda bahkan bisa menerima notifikasi atau pemberitahuan begitu ada comment, friend request atau wall post di Facebook anda secara real time (tentunya dengan syarat anda selalu selalu terhubung ke jaringan internet dan akun (email) Facebook sama dengan akun (email) Blackberry anda). Tak hanya itu dengan adanya kamera, maka anda bisa mengambil foto dan langsung menguploadnya ke facebook atau social networking lainnya.

GPS
Dengan Global Positioning System yang telah tertanam di Blackberry akan memungkinkan Anda untuk menggunakan perangkat Blackberry untuk pelacakan lokasi geografis, berdasarkan satelit.

Organizer Tools
BlackBerry juga telah dilengkapi dengan fitur praktis untuk mempermudah kegiatan sehari-hari anda seperti seperti kalender, kalkulator, buku alamat, memo dll .

Konektivitas
Syarat mutlak agar anda bisa menggunakan fitur-fitur Blackberry secara keseluruhan adalah sebuah Voice dan Data Plan. Beberapa operator di Indonesia seperti Telkomsel, Xl maupun Indosat telah menyediakan paket langganan akses data maupun voice untuk Blackberry anda.

Sumber: tasikisme.com
Dikutip pada: 14 J.Tsani 1432 H

About ubanpamungkas
Bugis Tondong Sinjai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: