Cara download dokumen dari SCRIBD tanpa berlangganan dan bayar

Seperti kita tahu, kalo SCRIBD itu seperti youtube nya untuk file berbentuk dokumen. Dimana pengguna dan anggota SCRIBD bisa mengupload dokumen dan membaginya sesama anggota lain. Buat yang belum tahu bisa langsung ke tkp di . Tapi berbeda dengan youtube, di Scribd, kita di beri pilihan untuk mendownload file dokumen yang di share di Scribd, dengan sebelumnya mendaftar, dan membayar biaya keanggotaan sebesar 9 $ per bulan nya.

Bagi yang punya dana lebih di paypal sih, gak ada salahnya berlangganan apalagi kalo sering menggunakan file2 yang ada di Scribd, tapi untuk yang lagi bokek, tentunya akan jadi problema tersendiri ceileh bahasanya hahaha…pastinya susah kalo filenya tidak bisa di download atau di print, apalagi bagi mahasiswa yang lagi kerja tugas dan kebetulan bahan tugasnya ada di share di Scribd. Nah, jangan kecewa, ada jalan untuk mengakalinya.

Pertama2 kamu harus download program untuk membuat PDF, ada beberapa pilihan antara lain PDF Creator (open source) atau PrimoDf (butuh net framework 2.0 untuk instalasi).
Saya sarankan sih download yang PDF Creator saja, karena lebih mudah dalam penginstalannya.

Setelah PDFCreator terinstal di komputer kamu, Nah coba cari dokumen yang ingin kamu download dari SCRIBD. Nah dokumennya tampil, klik kanan di luar bingkai dokumennya, jangan di dalam dokumen. Lalu pilih view source (lihat sumber halaman).

Kemudian cari dan klik pada link “http://www.scribd.com/services/oembed …” berakhiran “… format = json”. Contoh pada dokumen yang saya buka : http://www.scribd.com/services/oembed?url=http%3A%2F%2Fwww.scribd.com%2Fdoc%2F34170452%2FW3-Total-Cache-Installation-and-Configuration-Guide&format=json

Pada tampilan halaman baru, cari baris (sekitar setengah jalan ke bawah) mulai dari “=…” http://d1.scribdassets.com/ScribdViewer.swf?document_id semua nya dalam tanda kutip jadi sorot dan ctrl c. Pada contoh yang saya buka alamatnya seperti ini http://d1.scribdassets.com/ScribdViewer.swf?document_id=34170452&access_key=key-2colivmxbmudnqsxhdg0&page=1&viewMode=list

Kemudian paste pada kotak alamat web browser Anda dan akan muncul tampilan Scribd layar biru abu-abu yang akan menampilkan dokumen dengan tombol print di bagian atas. Klik tombol print nya lalu ubah pilihan nama printernya, pilih PDFCreator. Setelah terpilih dokumen kemudian di print dan akan tersave dalam format pdf di komputer kamu.

Agak berbelit belit sih caranya tapi lumayan berguna dan yang penting gratis. dan terakhir saya coba untuk download file dari Scribd dan berhasil. Silahkan coba sendiri yah moga2 bisa dan bermanfaat buat kalian.

Dikutip dari ridwansetiawan.com pada 3 Jumada Al Awwal 1433 H.

About ubanpamungkas
Bugis Tondong Sinjai

2 Responses to Cara download dokumen dari SCRIBD tanpa berlangganan dan bayar

  1. normand says:

    thank’s a lot, broo..
    ngbantu bnget.
    cma msti mkir dikit yg lngkah trakhir, trnyata msti link yg ada doc id, access key & view list.
    trus klo mo ngeklik print, tnggu ampe dokmen kelar digelar dlu..
    tp that’s okey… tengkyu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: