83 Juta Akun Facebook Palsu

SANFRANSISCO – Situs jejaring Facebook merilis akun-akun palsu penggunanya. Saat ini tercatat lebih dari 83 juta akun palsu yang terdaftar sebagai anggota jejaring sosial ini.

Dijelaskan, ini berarti dari 995 juta facebooker, 8,7 persen diantaranya merupakan pengguna tidak dengan identitas palsu. Di sisi lain, Facebook juga mengungkap bila pemillik akun juga memiliki beberapa account dan bahkan halaman untuk hewan peliharaan mereka yang digunakan untuk mengirimkan pesan spam.

Beberapa modus yang dipakai seperti, menggandakan profil 4,8 persen, account pengguna yang memiliki kesalahan klasifikasi sebesar 2,4 persen. Serta 1,5 persen lainnya merupakan pengguna yang “tidak diinginkan”.

Seperti termuat dalam Dailymail (2/8), ada 83.090.000 pengguna palsu yang diklasifikasikan dalam tiga kelompok. Kelompok terbesar adalah duplikat account, seperti yang didirikan oleh orang-orang untuk menjaga kegiatan mereka dari pasangannya.

Lainnya adalah pengguna imajiner yang digambarkan karena terjadi kesalahan klasifikasi. Dimana menurut Facebook hal ini disebabkan pengguna telah menciptakan profil pribadi untuk bisnis, organisasi, atau badan non-manusia seperti akun untuk hewan peliharaan.

Juga sejumlah besar akun “tidak diinginkan” yang profilnya dianggap melanggar aturan Facebook. Bahkan sebuah penyelidikan oleh BBC bulan lalu menyimpulkan bahwa profil palsu merupakan salah satu penyebab utama keprihatinan bagi pengiklan Facebook.

Dilansir dari jpnn.com pada 28 Romadhon 1433 H./ 18 Agustus 2012 Miladiyah.

About ubanpamungkas
Bugis Tondong Sinjai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: