Seputar Istilah Sekolah dan Madrasah.

ImageDalam istilah kita di Indonesia, sekolah biasanya dipakai untuk pendidikan yang menginduk ke Kemendiknas dan Madrasah untuk pendidikan yang menginduk ke Kemenag. Tapi benarkah hanya sebuah nama? Ataukah ada sesuatu di baliknya?

DR. Abdul Haq Zaryuh menulis sebuah artikel di Majalah at Turats al ‘Arabi tahun 1425 H./ 2004 M. yang diterbitkan di Damaskus dengan judul : Madrasah dan kuttab, akar bahasa dan sejarahnya.

Kata sekolah lebih dikenal berasal dari Bahasa Inggris: School. Kata School berasal dari Bahasa Perancis:Ecole. Akar kata School/Ecole adalah Bahasa Yunani: Schole (tempat bersenang-senang).

DR. Abdul Haq menyatakan bahwa kata School juga sudah dikenal di literatur Arab. Berikut ini dinukilkan biografi seorang nasrani yang dikenal di lingkungan kekhalifahan zaman Ar Radhi Billah(322 H.-329 H./934 M.-940 M.) dari Dinasti Abbasiyah. Dia adalah Matta bin Yunus.

Dia berada di Baghdad zaman kekhalifahan Ar Radhi, setelah tahun 320 H. dan sebelum tahun 330 H. Matta bin Yunus adalah seorang ahli manthiq nasrani. Dia berasal dari Dirqani dan belajar di Uskul Mar Mary. Belajar ilmu dari Rofil dan Bunyamin; dua orang pendeta Ya’qubiyyin.

Adapun Madrasah, DR. Abdul Haq menyatakan bahwa para ahli sejarah dan bahasa menyebut kata madrasah berasal dari Bahasa Ibrani yang merupakan bahasa orang-orang Yahudi. Aslinya adalah Midras yaitu tempat untuk belajar dan mengkaji teks-teks Taurat.

Berikut penjelasan Ibnu Mandzur (630-711 H.) seorang ulama sekaligus ahli bahasa ternama dalam Lisanul ‘Arab:

Midras adalah rumah yang didalamnya dipelajari Al Qur’an. Demikian juga Madaris Yahudi. Sebagaimana dalam hadist tentang yahudi yang berzina; midrasnya meletakkan telapak tangannya diatas ayat rajam. Dan midras adalah pengajar kitab mereka.

Sementara ada yang benar-benar hilang dari kita dan tidak pernah kita sadari. Berikut penjelasannya:

DR. Abdul Haq kemuudian menjelaskan kata Kuttab sebagai lembaga pendidikan

“Ada tempat pendidikan yang lain yaitu Kuttab bentuk tunggal dari Katatib; yang mempunyai akar lisan Arab, berbeda dengan madrasah yang merupakan bahasa asing yang masuk ke dalam Arab.

Termasuk hal yang manfaat, mengingatkan bahwa aturan pendidikan di Kuttab-Kuttab sudah tersebar dan dipakai sejak zaman Nabi terus hingga Khulafaurrasyidin, Bani Umayyah di negeri-negeri Islam. Bukan hanya Arab timur yang memiliki Kuttab-Kuttab, tetapi juga sudah ada di Arab barat (Afrika hingga Andalus) sejak awal”.

Musthofa As Sifaba’i (Min Rowai’ Hadhorotina) dan DR. Raghib As Sirjani (Madza Qoddamal Muslimun Lil ‘Alam) menegaskan:

Kuttab saat itu mirip dengan jenjang Madrasah Ibtidaiyyah (Sekolah Dasar) dizaman kita ini”

Sesungguhnya bukan hanya istilah yang hendak kita perbincangkan. Tetapi istilah juga bukan hal yang bisa disepelekan dalam Islam. Yang lebih penting dari istilah ini adalah substansi.

Karena selanjutnya, sejarah Islam pun mengenalkan jenjang diatas Kuttab dengan sebutan Madrasah (jenjang SMP-Universitas).

Tapi perhatikan lebih jeli tiga akar kata berikut:

Ecole/Schole/School (Perancis, Yunani, Inggris)= Tempat bersenang-senang

Midras/Madrasah (Ibrani, Arab)= Dalam Bahasa Arab berarti Tempat Belajar

Kuttab (Arab) = Berasal dari kata (Kataba=Menulis) jadi bisa diartikan Tempat Menulis

Akar kata ternyata menunjukkan konsep pendidikan. Kuttab adalah jenjang pendidikan untuk anak 5-12 tahun. Diusia awalnya, sekolah hari ini menyebutnya sebagai usia bersenang-senang. Belajar sambil bermain, bermain sambil belajar. Bandingkan dengan semangat dari kata Kuttab (Tempat Menulis).

Sumber: Makalah Ust. Budi Ashari,Lc (Narasumber Acara Khalifah TRANS7) yang disampaikan pada Seminar Pendidikan tanggal 30 Desember 2012 yang diselenggarakan oleh SCMM BEM FMIPA UNM di Gedung Auditorium Amanagappa Universitas Negeri Makassar (UNM)

About ubanpamungkas
Bugis Tondong Sinjai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: