Kuru Mai Sumange’nu

Oleh: Muhlis H. Pasakai

ImageKuru mai sumange’nu. Bagi suku Bugis khususnya orang Sinjai -setahu penulis-, kalimat ini mungkin tidak asing ditelinga, itupun bagi orang-orang terdahulu dan hidup dipelosok. Bagi generasi yang datang lebih akhir, apalagi yang hidup di kota besar, istilah ini mungkin menjadi kosa kata baru dalam hidupnya.

Kalimat ini biasa diucapkan oleh para orang tua ketika seorang anak atau bayi mengalami kecelakaan, semisal jatuh, terbentur atau tertimpa benda keras.

Kuru mai sumange’nu semacam seruan agar semangat/ spirit sang anak segera kembali/ pulih setelah mengalami kepanikan atas kejadian yang menimpanya.

 

Yang menarik dalam hal ini adalah mengapa para orang tua dahulu secara spontan merefresh semangat sang anak -walaupun ucapan ini mungkin belum dipahami oleh anak-, sementara rasa sakit yang menimpanya terdapat pada fisiknya. Mengapa bukan organ fisik yang mengalami benturan tersebut misalnya yang segera diseru untuk segera pulih. Mengapa justru yang pertama kali dipulihkan adalah semangatnya, sebelum bagian tubuh yang cedera itu ditangani secara medis.

Bagi orang yang cekatan, daftar pertanyaan ini mungkin segera meluncurkan ingatan kita pada man behind the gun. Persoalannya sejak kapan para orang tua kita dahulu mendengar istilah itu?. Hari itu para motivator sekaliber Andrew Wongso, Mario Teguh, Ginanjar, atau Taufik Bahauddin belum ditetaskan dipanggung-panggung seminar.

Menurut penulis, terlepas dari murni atau tidaknya ‘Aqidah orang-orang tua kita dahulu, hal ini menunjukkan betapa aspek kerohanian menjadi perhatian besar.

Tulisan ini sangatlah singkat. Sebuah khazanah lama yang mungkin recehan. Tapi penulis merasa butuh memercikkan ke samudra pertarungan intelektual hari ini, dimana kita mudah menemukan pernyataan-pernyataan yang terkadang mengarah pada pengingkaran terhadap perkara yang ghaib.

Semoga bermanfaat, Allahu A’lam, Alladzi ‘Allamal Insaana Maa Laa Ya’lam.

Sinjai, 1433 H./ 2012 Miladiyah

About ubanpamungkas
Bugis Tondong Sinjai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: